Jumat, 26 Februari 2010

Makalah 2



BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang.

Sistem pendidikan di Indonesia belum membebaskan. Peserta didik menjalani proses belajar bagaikan dalam penjara. Mereka harus mengikuti pelajaran di dalam ruang kelas dengan aturan-aturannya sendiri, belum lagi siswa harus menguasai sejumlah ilmu pada sekolah dasar dan menengah dalam waktu yang sempit. Serta banyaknya tugas-tugas dari sekolah maupun guru yang harus mereka kerjakan untuk keesokan harinya. Sementara itu disana sini masih terjadi keluhan dari masyarakat tentang kurang relevannya kurikulum di sekolah-sekolah dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan dan pembangunan. Masalah relevansi tersebut dapat dilihat dari tiga segi yaitu belum relevannya dengan lingkungan hidup peserta didik, perkembangan kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang dan tuntutan dunia pekerjaan. Suara tentang perlunya relevansi pendidikan dengan dunia pekerjaan menggaung semakin keras pada saat sekarang. Kurang relevannya pendidikan dengan dunia pendidikan mengakibatkan sukarnya lulusan sekolah yang ingin memasuki angkatan kerja untuk memperoleh pekerjaan. Lulusan sekolah-sekolah yang ingin memasuki pekerjaan di tempat asalnya tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, dan bagi mereka ingin bekerja di daerah lain tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan tidak sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang diinginkan. Selain masalah tersebut juga termasuk masalah mutu sebagai penghasil lulusan yang bermutu masih rendah karena peningkatan sumber-sumber belajar dan peningkatan sarana dan prasarana belajar belum dilaksanakan secara optimal. Disamping itu efesiensi berkaitan dengan usaha yang dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal tetapi dengan biaya dan tenaga yang seminimal mungkin masih terabaikan. Hal ini yang membuat sehingga hasil pendidikan di Indonesia belum optimal. Oleh karena itu banyak bermunculan sekolah-sekolah inovatif di Indonesia dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Termasuk implementasi kurikulum berbasis kompetensi menuntut perubahan terhadap berbagai aspek pendidikan yang inovatif.

B. Rumusan Masalah
Beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini antara lain :
1. Apa arti dari sekolah inovatif ?
2. Seperti apa sekolah inovatif itu ?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar